Senin, 23 November 2015

makalah pelayanan bk di sekolah (layanan informasi)

makalah pelayanan bk di sekolah (layanan informasi)

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang
      Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, ilmu terapan seperti bimbingan dan konseling pun juga mengalami peningkatan. Layanan informasi di di peruntukkan bagi siswa-siswi atau masyarakat umum yang akan memasuki dunia yang baru dan tidak mengetahui akan hal tersebut. Baik dalam bidang pendidikan, kemasyarakatan maupun dunia kerja.
            Dalam makalah ini penulis akan membahas mengenai materi layanan informasi dalam bidang pengembangan bimbingan dan konseling serta operasioalisasi layanan informasi.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa saja materi layanan informasi dalam bidang pengembangan bimbingan dan konseling?
2.      Apa saja operasionalisasi dalam layanan informasi?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui materi layanan informasi dalam bidang pengembangan bimbingan dan konseling
2.      Untuk menngetahui operasionalisasi dalam layanan informasi






BAB I
PEMBAHASAN


A.    MATERI LAYANAN INFORMASI DALAM BIDANG PENGEMBANGAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

a.      Materi Layanan Informasi (SD)

1.      Materi Bimbingan Pribadi
a.       Pemantapan materi dikelas I dan II
b.      Informasi tentang perlunya mengenal dan menerima diri sendiri sebagaimana adanya
c.       Informasi hidup seerhana tentang hidup sehat dan cara-cara menyelenggarakannnya

2.      Materi Bimbingan Social
a.       Pemantapan materi dikelas I dan II
b.      Informasi tentang perlunya bergaul berdasarkan aturan, nilai agama dan sopan santun serta akibat yang timbul apabila hal-hal itu dilarang
c.       Informasi tentang pelunya pergaulan dengan teman sebaya, baik disekolah maupun di luar sekolah

3.      Materi Bimbingan Belajar
a.       Pemantapan materi dikelas I dan II
b.      Informasi tentang mata pelajaran dan kegiatan lainnya yang perlu dikembangkan di kelas III atau kelas IV
c.       Informasi tentang pengaturan jadwal kegiatan kelas III atau IV[1]
d.      Informasi tentang fasilitas sumber dan alat bantu belajar yang ada di kelas III atau IV dan bagaimna memanfaatkannya
e.       Informasi tentang bagaimana mencatat secara baik materi pelajaran dari guru
f.       Informasi tentang bagaimana mempersiapkan diri dan mengikuti pelajaran dalam kelas

4.      Materi Bimbingan Karier
a.       Pemantapan materi dikelas I dan II
b.      Informasi tentang perlunya memperoleh penghasilan dan pengembangan karier
c.       Informasi awal dan sederhana mengenai pekerjaan dan usaha dalam memperoleh penghasilan


b.      Materi Layanan Informasi (SMP)

1.      Materi Bimbingan Pribadi
Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa[2]
b.      Perlunya hidup sehat dan upaya melaksanakannya
c.        Usaha dapat dilakukan dalam mengenal bakat, minat serta bentuk pembinaan, pengembangan dan penyalurannya
d.      Usaha yang dapat dilakukan melalui bimbingan dan konseling dalam membantu siswa menghadapi masa peralihan dari remaja awal ke remaja yang penuh tantangan

2.      Materi Bimbingan Sosial
Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Cara bertingkah laku, tata karma, sopan santun dan disiplin di sekolah
b.      Hak dan kewajiban warga Negara
c.       Pelaksanaan pelayanan bimbingan social
d.      Permasalahan hubungan social dan ketertiban masyarakat beserta berbagai akibatnya
e.       Peristiwa penting yang terjadi si masyarakat sekitar
f.       Pengenalan dan manfaat lingkungan yang lebih luas ( lingkungan, fisik, social,budaya)

3.      Materi Bimbingan Belajar
Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, aktif dan terprogram baik belajar sendiri maupun kelompok
b.       Kemungkinan timbunya berbagai masalah belajar dan upaya pengentasannya
c.       Pelaksanaan dan pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan kegiatan dan hasil belajar siswa

4.      Materi Bimbingan Karier
Meliputi  kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Perkembangan karier di masyarakat
b.       Jenis, tuntutan dan syarat-syarat jabatan yang dapat dimasuki tamatan SMP, seperti kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki
c.       Pelaksanaan pelayanan bimbingan karier bagi siswa


c.       Materi Layanan Informasi (SMA)

1.      Materi Layanan pribadi
Layanan informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.      Perlunya hidup sehat dan upaya melaksanakannya[3]
c.        Usaha dapat dilakukan dalam mengenal bakat, minat serta bentuk pembinaan, pengembangan dan penyalurannya
d.      Usaha yang dapat dilakukan melalui bimbingan dan konseling dalam membantu siswa menghadapi masa peralihan dari remaja awal ke remaja yang penuh tantangan


2.      Materi Bimbingan Sosial
Layanan informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Cara bertingkah laku, tata karma, sopan santun dan disiplin di sekolah
b.      Hak dan kewajiban warga Negara c.
c.       Pelaksanaan pelayanan bimbingan social
d.      Permasalahan hubungan social dan ketertiban masyarakat beserta berbagai akibatnya
e.       Peristiwa penting yang terjadi si masyarakat sekitar
f.       Pengenalan dan manfaat lingkungan yanglebih luas ( lingkungan, fisik, social,budaya)

3.      Materi Bimbingan Belajar
Layanan informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, aktif dan terprogram baik belajar sendiri maupun kelompok
b.      Kemungkinan timbunya berbagai masalah belajar dan upaya pengentasannya
c.       Pelaksanaan dan pelayanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan kegiatan dan hasil belajar siswa

4.      Materi Bimbingan Karier
Layanan informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.       Perkembangan karier di masyarakat
b.       Jenis, tuntutan dan syarat-syarat jabatan yang dapat dimasuki tamatan SMA, seperti kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki
c.       Pelaksanaan pelayanan bimbingan karier bagi siswa



d.      Materi Layanan Informasi (SMK)

1.      Materi Bimbingan Pribadi
a.       Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.      Perlunya hidup sehat dan upaya melaksanakannya
c.        Usaha dapat dilakukan dalam mengenal bakat, minat serta bentuk pembinaan, pengembangan dan penyalurannya
d.      Usaha yang dapat dilakukan melalui bimbingan dan konseling dalam membantu siswa menghadapi masa peralihan dari remaja awal ke remaja yang penuh tantangan

2.      Materi Bimbingan social
a.       Kemampuan berkomunikasi serta menerima dan menyampaikan pendapat secata logis, efektif dan produktif[4]
b.      Kemampuan bertingkah laku dan berhugungan social dengan menjunjung tinggi tata karma, norma, nilai agama, adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku
c.       Hubungan dengan teman sebaya (sekolah dan masyarakat)
d.      Pengenalan dan pengalaman pola hidup sederhana dan sehat dan bergotong rotong

3.      Materi Bimbingan belajar
a.       Tugas-tugas perkembangan masa remaja berkenaan dengan pengembangan diri, kesenian, ilmu pengetahuan dan teknologi
b.       Fasilitas sumber belajar ( seperti perpustakaan, laboratorium dan bengkel)
c.       Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, aktif dan terprogram baik belajar sendiri maupun berkelompok




B.      OPERASIONALISASI LAYANAN INFORMASI

           Layanan informasi  perlu direncanakan oleh konselor dengan cermat, baik mengenai informasi yang menjadi isi layanan, metode maupun media yang digunakan.Kegiatan peserta, serta mendengar dan menyimak, perlu mendapat pengarahan secukupnya.[5]  

1.      Perencanaan
a.       Identifikasi kebutuhan akan informasi bagi subjek ( calon) peserta
      layanan.
b.      Menetapkan isi materi sebagai isi layanan
c.       Menetapkan subjek sasaran layanan
d.      Menetapkan nara sumber
e.       Menyiapkan prosedur, perangkat dan media layanan
f.       Menyiapkan kelengkapan administrasi

2.      Pelaksanaan
a.       Mengorganisasikan kegiatan layanan
b.      Mengaktifkan peserta layanan
c.       Mengoptimalkan penggunaan media dan metode[6]

Langkah-langkah pelaksanaan
Hak-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan layanan informasi:
a.       Usaha menarik minat dan perhatian siswa
b.      Persiapan peran siswa secara sistematis dan sederhana sehingga jelas isi dan manfaatnya
c.       Berikan contoh yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari
d.      Bila menggunakan teknik karya wisata dan pemberian tugas, persiapan sebaik-baiknya sehingga setiap siswa mengetahui apa yang harus dipserhatikan, apa yang harus dicatat dan apa yang harus dilakukan
e.       Penyajian informasi harus direncanakan sesuai dengan kebutuhan siswa
f.       Pemberi informasi hendaknya disesuaikan dengan kualifikasi personil staf bimbingan

3.      Evaluasi
a.       Menetapkan materi evaluasi
b.      Menetapkan prosedur evaluasi
c.       Menyusun instrumen evaluasi
d.      Mengaplikasikan instrumen evaluasi
e.       Mengolah hasil aplikasi instrumen

Langkah-langkah evaluasi
            Guru pembimbing hendaknya mengevaluasi tiap kegiatan layanan informasi.Langkah evaluasi ini seringkali dilupakan sehingga tidak diketahui sejauh mana siswa mampu menangkap informasi.[7]       
Kriteria keberhasilan layanan informasi sebagai berikut:
g.      Jika para siswa telah dapat menyesuaikan diri sebaik-baiknya dengan lingkungannya
h.      Jika para siswa telah memperoleh sebanyak-banyaknya sumber informasi


4.      Analisis hasil evaluasi
a.       Menetapkan norma/standar evaluasi
b.      Melakukan analisis
c.       Menafsirkan hasil analisis

5.      Tindak lanjut
a.       Menetapkan jenis dan arah tindak lanjut
b.      Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada pihak terkait
c.       Melaksanakan rencana tindak lanjut

6.      Pelaporan
a.       Menyusun laporan layanan orientasi
b.      Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
c.       Mendokumentasikan laporan.
















BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan
            Layanan informasi adalah layanan yang di berikan oleh seorang konselor kepada klien agar klien mendapatkan informasi yang dibutuhkan guna memasuki kehidupan yang baru dan dapat dengan mudah beradaptasi. Dimana dilayanan informasi ini membahas materi tentang pengembangan belajar, social, karir,pribadi seseorang. 
            Operasionalisasi layanan informasi ini terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan pelaporan.


B. Saran
Didalam pembuatan makalah ini tentunya penulis memiliki banyak kekeliruan yang mungkin tidak disadari oleh penulis. Dari itu, diharapkan kepada seluruh pembaca, jika menemukan kekeliruan dalam makalah yang kami buat ini, maka penulis berharap pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun, supaya penulis tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Dan demi mewujudkan karya-karya ilmiah yang lebih baik.








[1] Prayitno,Materi Layanan Informasi (SD)
[2] Prayitno,Materi Layanan Informasi (SMP)
[3] Prayitno,Materi Layanan Informasi (SMA)
[4] Prayitno,Materi Layanan Informasi (SMK)
[5] Prayitno.2004, Seri Layanan Konseling (L1-L2), UNP:Padang
[6] Tohirin.2007,Bimbingan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi), Jakarta: PT Raja Gravindo Persada
[7] Prayitno,1999, Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta:PT  Asdi Mahasatya

1 komentar:

  1. Casino Site 2021 - ChoegoCasino.com
    Find all casinos listed on the ChoegoCasino.com 제왕카지노 list 카지노사이트 with casino information. Find the latest 1xbet korean online casino promotions and bonuses.

    BalasHapus