makalah pelayanan bk di sekolah (layanan informasi)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Dengan semakin berkembangnya
ilmu pengetahuan, ilmu terapan seperti bimbingan dan konseling pun juga
mengalami peningkatan. Layanan informasi di di peruntukkan bagi siswa-siswi
atau masyarakat umum yang akan memasuki dunia yang baru dan tidak mengetahui
akan hal tersebut. Baik
dalam bidang pendidikan, kemasyarakatan maupun dunia kerja.
Dalam
makalah ini penulis akan membahas mengenai materi
layanan informasi dalam bidang pengembangan bimbingan dan konseling serta
operasioalisasi layanan informasi.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa saja materi layanan informasi dalam bidang pengembangan
bimbingan dan konseling?
2.
Apa saja operasionalisasi dalam layanan informasi?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui materi layanan informasi dalam bidang
pengembangan bimbingan dan konseling
2.
Untuk menngetahui operasionalisasi dalam layanan informasi
BAB I
PEMBAHASAN
A. MATERI LAYANAN INFORMASI DALAM BIDANG PENGEMBANGAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
a.
Materi Layanan Informasi (SD)
1. Materi Bimbingan Pribadi
a. Pemantapan materi dikelas I dan II
b. Informasi tentang perlunya mengenal
dan menerima diri sendiri sebagaimana adanya
c. Informasi hidup seerhana tentang
hidup sehat dan cara-cara menyelenggarakannnya
2.
Materi Bimbingan Social
a. Pemantapan materi dikelas I dan II
b.
Informasi tentang perlunya bergaul berdasarkan aturan, nilai
agama dan sopan santun serta akibat yang timbul apabila hal-hal itu dilarang
c.
Informasi tentang pelunya pergaulan dengan teman sebaya,
baik disekolah maupun di luar sekolah
3.
Materi Bimbingan Belajar
a. Pemantapan materi dikelas I dan II
b. Informasi tentang mata pelajaran dan
kegiatan lainnya yang perlu dikembangkan di kelas III atau kelas IV
d. Informasi tentang fasilitas sumber
dan alat bantu belajar yang ada di kelas III atau IV dan bagaimna
memanfaatkannya
e. Informasi tentang bagaimana mencatat
secara baik materi pelajaran dari guru
f. Informasi tentang bagaimana
mempersiapkan diri dan mengikuti pelajaran dalam kelas
4.
Materi Bimbingan Karier
a. Pemantapan materi dikelas I dan II
b.
Informasi tentang perlunya memperoleh penghasilan dan
pengembangan karier
c.
Informasi awal dan sederhana mengenai pekerjaan dan usaha
dalam memperoleh penghasilan
b.
Materi Layanan Informasi (SMP)
1.
Materi Bimbingan Pribadi
Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.
Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa[2]
b.
Perlunya hidup sehat dan upaya melaksanakannya
c.
Usaha dapat dilakukan
dalam mengenal bakat, minat serta bentuk pembinaan, pengembangan dan
penyalurannya
d.
Usaha yang dapat dilakukan melalui bimbingan dan konseling
dalam membantu siswa menghadapi masa peralihan dari remaja awal ke remaja yang
penuh tantangan
2.
Materi Bimbingan Sosial
Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.
Cara bertingkah laku, tata karma, sopan santun dan disiplin
di sekolah
b.
Hak dan kewajiban warga Negara
c.
Pelaksanaan pelayanan bimbingan social
d.
Permasalahan hubungan social dan ketertiban masyarakat
beserta berbagai akibatnya
e.
Peristiwa penting yang terjadi si masyarakat sekitar
f.
Pengenalan dan manfaat lingkungan yang lebih luas (
lingkungan, fisik, social,budaya)
3.
Materi Bimbingan Belajar
Meliputi kegiatan pemberian informasi tentang:
a.
Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik,
aktif dan terprogram baik belajar sendiri maupun kelompok
b.
Kemungkinan timbunya
berbagai masalah belajar dan upaya pengentasannya
c.
Pelaksanaan dan pelayanan bimbingan dan konseling dalam
upaya meningkatkan kegiatan dan hasil belajar siswa
4.
Materi Bimbingan Karier
Meliputi kegiatan
pemberian informasi tentang:
a.
Perkembangan karier di masyarakat
b.
Jenis, tuntutan dan
syarat-syarat jabatan yang dapat dimasuki tamatan SMP, seperti kemampuan,
pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki
c.
Pelaksanaan pelayanan bimbingan karier bagi siswa
c.
Materi Layanan Informasi (SMA)
1.
Materi Layanan pribadi
Layanan informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan
pemberian informasi tentang:
a.
Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.
Perlunya hidup sehat dan upaya melaksanakannya[3]
c.
Usaha dapat dilakukan
dalam mengenal bakat, minat serta bentuk pembinaan, pengembangan dan
penyalurannya
d.
Usaha yang dapat dilakukan melalui bimbingan dan konseling
dalam membantu siswa menghadapi masa peralihan dari remaja awal ke remaja yang
penuh tantangan
2. Materi Bimbingan Sosial
Layanan
informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan pemberian informasi
tentang:
a.
Cara bertingkah laku, tata karma, sopan santun dan disiplin di
sekolah
b.
Hak dan kewajiban warga Negara c.
c.
Pelaksanaan pelayanan bimbingan social
d.
Permasalahan hubungan social dan ketertiban masyarakat
beserta berbagai akibatnya
e.
Peristiwa penting yang terjadi si masyarakat sekitar
f.
Pengenalan dan manfaat lingkungan yanglebih luas (
lingkungan, fisik, social,budaya)
3.
Materi Bimbingan Belajar
Layanan
informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan pemberian informasi
tentang:
a.
Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik,
aktif dan terprogram baik belajar sendiri maupun kelompok
b.
Kemungkinan timbunya berbagai masalah belajar dan upaya
pengentasannya
c.
Pelaksanaan dan pelayanan bimbingan dan konseling dalam
upaya meningkatkan kegiatan dan hasil belajar siswa
4.
Materi Bimbingan Karier
Layanan informasi dalam bimbingan pribadi meliputi kegiatan
pemberian informasi tentang:
a.
Perkembangan karier di masyarakat
b.
Jenis, tuntutan dan
syarat-syarat jabatan yang dapat dimasuki tamatan SMA, seperti kemampuan,
pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki
c.
Pelaksanaan pelayanan bimbingan karier bagi siswa
d.
Materi Layanan Informasi (SMK)
1.
Materi Bimbingan Pribadi
a.
Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan
ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.
Perlunya hidup sehat dan upaya melaksanakannya
c.
Usaha dapat dilakukan
dalam mengenal bakat, minat serta bentuk pembinaan, pengembangan dan
penyalurannya
d.
Usaha yang dapat dilakukan melalui bimbingan dan konseling
dalam membantu siswa menghadapi masa peralihan dari remaja awal ke remaja yang
penuh tantangan
2.
Materi Bimbingan social
a.
Kemampuan berkomunikasi serta menerima dan menyampaikan
pendapat secata logis, efektif dan produktif[4]
b.
Kemampuan bertingkah laku dan berhugungan social dengan
menjunjung tinggi tata karma, norma, nilai agama, adat istiadat dan kebiasaan
yang berlaku
c.
Hubungan dengan teman sebaya (sekolah dan masyarakat)
d.
Pengenalan dan pengalaman pola hidup sederhana dan sehat dan
bergotong rotong
3.
Materi Bimbingan belajar
a.
Tugas-tugas perkembangan masa remaja berkenaan dengan
pengembangan diri, kesenian, ilmu pengetahuan dan teknologi
b.
Fasilitas sumber
belajar ( seperti perpustakaan, laboratorium dan bengkel)
c.
Perlunya pengembangan sikap dan kebiasaan belajar yang baik,
aktif dan terprogram baik belajar sendiri maupun berkelompok
B.
OPERASIONALISASI LAYANAN INFORMASI
Layanan informasi perlu direncanakan oleh konselor dengan
cermat, baik mengenai informasi yang menjadi isi layanan, metode maupun media
yang digunakan.Kegiatan peserta, serta mendengar dan menyimak, perlu mendapat
pengarahan secukupnya.[5]
1.
Perencanaan
a.
Identifikasi
kebutuhan akan informasi bagi subjek ( calon) peserta
layanan.
b.
Menetapkan isi
materi sebagai isi layanan
c.
Menetapkan subjek
sasaran layanan
d.
Menetapkan nara
sumber
e.
Menyiapkan
prosedur, perangkat dan media layanan
f.
Menyiapkan
kelengkapan administrasi
2.
Pelaksanaan
a.
Mengorganisasikan
kegiatan layanan
b.
Mengaktifkan
peserta layanan
Langkah-langkah pelaksanaan
Hak-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan layanan
informasi:
a. Usaha menarik minat dan perhatian
siswa
b. Persiapan peran siswa secara
sistematis dan sederhana sehingga jelas isi dan manfaatnya
c. Berikan contoh yang berhubungan
dengan kehidupan sehari-hari
d. Bila menggunakan teknik karya wisata
dan pemberian tugas, persiapan sebaik-baiknya sehingga setiap siswa mengetahui
apa yang harus dipserhatikan, apa yang harus dicatat dan apa yang harus
dilakukan
e. Penyajian informasi harus
direncanakan sesuai dengan kebutuhan siswa
f. Pemberi informasi hendaknya
disesuaikan dengan kualifikasi personil staf bimbingan
3.
Evaluasi
a.
Menetapkan
materi evaluasi
b.
Menetapkan prosedur
evaluasi
c.
Menyusun instrumen
evaluasi
d.
Mengaplikasikan
instrumen evaluasi
e.
Mengolah hasil
aplikasi instrumen
Langkah-langkah evaluasi
Guru
pembimbing hendaknya mengevaluasi tiap kegiatan layanan informasi.Langkah
evaluasi ini seringkali dilupakan sehingga tidak diketahui sejauh mana siswa
mampu menangkap informasi.[7]
Kriteria keberhasilan layanan informasi sebagai berikut:
g. Jika para siswa telah dapat
menyesuaikan diri sebaik-baiknya dengan lingkungannya
h. Jika para siswa telah memperoleh
sebanyak-banyaknya sumber informasi
4.
Analisis hasil
evaluasi
a.
Menetapkan
norma/standar evaluasi
b.
Melakukan
analisis
c.
Menafsirkan
hasil analisis
5.
Tindak lanjut
a.
Menetapkan
jenis dan arah tindak lanjut
b.
Mengkomunikasikan
rencana tindak lanjut kepada
pihak terkait
c.
Melaksanakan
rencana tindak lanjut
6.
Pelaporan
a.
Menyusun
laporan layanan orientasi
b.
Menyampaikan
laporan kepada pihak terkait
c.
Mendokumentasikan
laporan.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Layanan
informasi adalah layanan yang di berikan oleh seorang konselor kepada klien
agar klien mendapatkan informasi yang dibutuhkan guna memasuki kehidupan yang
baru dan dapat dengan mudah beradaptasi. Dimana dilayanan informasi ini membahas materi tentang
pengembangan belajar, social, karir,pribadi seseorang.
Operasionalisasi layanan informasi
ini terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi,
tindak lanjut, dan pelaporan.
B. Saran
Didalam pembuatan makalah ini
tentunya penulis memiliki banyak kekeliruan yang mungkin tidak disadari oleh
penulis. Dari itu, diharapkan kepada seluruh pembaca, jika menemukan kekeliruan
dalam makalah yang kami buat ini, maka penulis berharap pembaca dapat memberikan
kritik dan saran yang membangun, supaya penulis tidak lagi melakukan kesalahan
yang sama. Dan demi mewujudkan karya-karya ilmiah yang lebih baik.
[1]
Prayitno,Materi Layanan Informasi (SD)
[2]
Prayitno,Materi Layanan Informasi (SMP)
[3]
Prayitno,Materi Layanan Informasi (SMA)
[4]
Prayitno,Materi Layanan Informasi (SMK)
[5]
Prayitno.2004, Seri Layanan Konseling
(L1-L2), UNP:Padang
[6] Tohirin.2007,Bimbingan Konseling Di Sekolah dan Madrasah
(berbasis integrasi), Jakarta: PT Raja Gravindo Persada
[7]
Prayitno,1999, Panduan Kegiatan
Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta:PT Asdi Mahasatya
Casino Site 2021 - ChoegoCasino.com
BalasHapusFind all casinos listed on the ChoegoCasino.com 제왕카지노 list 카지노사이트 with casino information. Find the latest 1xbet korean online casino promotions and bonuses.